IPhone 14 Series Canggih dan Kaya Teknologi Baru, Gunakan Sistem eSIM


IPhone 14 Series Canggih dan Kaya Teknologi Baru

Apple menggelar acara syukuran peluncuran produk baru dan resmi meluncurkan iPhone 14 series. Seri ponsel ini mencakup empat model termasuk iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Seri iPhone 14 dilengkapi dengan banyak teknologi baru, seperti komunikasi satelit B. (hanya versi AS). Meskipun menjadi semakin canggih dan dilengkapi dengan teknologi terbaru, seri iPhone 14 tidak memiliki beberapa fitur dasar.

Saat peluncuran produk baru, Kaiann Drance, wakil presiden pemasaran Apple, mengatakan bahwa iPhone 14 seri versi AS tidak lagi memiliki slot kartu SIM. Artinya, pengguna hanya dapat menggunakan eSIM di Amerika Serikat. Namun, seri iPhone 14 masih dilengkapi dengan slot kartu SIM di China dan mungkin di seluruh dunia.

Juga, wccftech melaporkan bahwa seri iPhone 14 kehilangan pembaruan teknis utama lainnya. Laporan tersebut menyatakan bahwa seri iPhone 14 tidak mendukung standar Wifi 6E.

Ini berarti iPhone 14 series memiliki kualitas koneksi jaringan yang buruk ketika banyak perangkat terhubung ke jaringan yang sama. Selain itu, kecepatan internet iPhone 14 series juga akan lebih lambat.

Apa itu eSIM?

Baca juga: Seberapa menuntut AirPods Pro generasi ke-2 terbaru? Bagi yang belum tahu, eSIM adalah kartu SIM tertanam dan nama lengkapnya dalam bahasa Inggris adalah SIM Tertanam. Seperti namanya, eSIM mengubah kartu SIM fisik yang dapat dicolokkan menjadi kartu SIM virtual yang tertanam langsung ke dalam chip perangkat.

Ini mengidentifikasi setiap perangkat seluler dan memungkinkannya mengakses jaringan operator. eSIM juga dapat menghemat ruang di ponsel Anda dengan mengosongkan ruang untuk komponen lain seperti prosesor dan baterai.

Namun, lebih merepotkan untuk mengubah nomor ponsel eSIM. Anda harus pergi ke pusat layanan operator Anda atau menggunakan telepon lain untuk memindai kode dan menggantinya.

Dengan dirilisnya iPhone XR dan XS pada tahun 2018, Apple mulai menerapkan eSIM di iPhone. Di iOS 16, Apple menambahkan dukungan untuk transfer eSIM antar iPhone melalui Bluetooth.

iPhone di China daratan saat ini tidak mendukung eSIM. Di Hong Kong dan Makau, iPhone 13 mini, iPhone 12 mini, iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3), dan iPhone XS mendukung eSIM.

Bagaimana dengan Wi-Fi 6?

Sementara Wifi 6 dibandingkan dengan Wifi 6 normal, jaringan Wifi 6E menambahkan dukungan frekuensi 6GHz, ini dapat menyediakan lebih banyak saluran dengan bandwidth 160MHz, yang mengurangi gangguan dan meningkatkan kecepatan jaringan perangkat.

Selain itu, Wi-Fi 6E memungkinkan jaringan perangkat yang lebih cepat dan aman serta mendukung protokol enkripsi WPA3. Saat ini, Samsung Galaxy S21 Ultra, Samsung Galaxy S22+/S22 Ultra, Google Pixel 6 Pro, Motorola X30/S30, dan model lainnya mendukung standar Wi-Fi 6E.

Sumber :